Corporate Secretary PT ASDP Indonesia, Shelvy Arifin | Foto: Istimewa

ASDP Imbau Pengguna Jasa Beli Tiket Lebih Awal

VZ
VZ
2 Menit Baca

BandarNusantara.id – Menjelang Lebaran 2025, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau pengguna jasa untuk melakukan pemesanan tiket jauh hari melalui Ferizy.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menegaskan pentingnya disiplin waktu dalam pemesanan tiket dan check-in di pelabuhan.

“Berdasarkan pengalaman angkutan Lebaran tahun lalu, 82 persen pengguna jasa tidak melakukan check-in tepat waktu, dan 85-90 persen membeli tiket mendekati keberangkatan, yang berdampak pada kepadatan di pelabuhan,” kata Shelvy dalam keterangannya, Sabtu (1/3/2025).

ASDP terus mengoptimalkan persiapan agar layanan angkutan Lebaran tahun ini berjalan lancar, aman, dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa. Diprediksikan, jumlah penumpang penyeberangan di lintasan terpantau nasional mencapai 4,56 juta orang dan total kendaraan sebanyak 1,1 juta unit atau masing-masing naik 10 persen dari realisasi tahun lalu.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia, Shelvy Arifin | Foto: Istimewa

“Dengan prediksi kenaikan sebesar 10 persen, manajemen dermaga siap operasi sebanyak 50 unit, 44 unit di antaranya milik ASDP, dan enam unit non-ASDP. Sedangkan, kapal siap operasi tercatat sebanyak 215 unit kapal, 50 kapal ASDP dan 165 unit reguler non-ASDP,” ucapnya.

Selain Pelabuhan Merak dan Bakauheni, ASDP bersama stakeholder terkait juga menyiapkan dukungan operasional di beberapa pelabuhan lain, yakni Pelabuhan Ciwandan, Pelabuhan BBJ Bojonegara, Pelabuhan Indah Kiat, Pelabuhan Pelindo Bojonegara, dan Pelabuhan KBS Cilegon.

Sedangkan, armada yang disiapkan mencakup 55 kapal di lintasan Merak-Bakauheni, 10 kapal di Ciwandan-Bakauheni, dan lima kapal di BBJ-Muara Pilu. Selain itu, ASDP juga memantau sembilan lintasan strategis lainnya, termasuk Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, dan Bajoe-Kolaka.(VZ)

Bagikan Artikel Ini
Beri Ulasan Terbaik Anda