BandarNusantara.id – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengapresiasi kolaborasi lintas sektor layanan angkutan libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025 berjalan aman, nyaman, dan lancar.
Direktur Utama ASDP Heru Widodo menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung kelancaran penyeberangan selama periode natal-tahun baru.
“Kami sangat menghargai kontribusi dan kolaborasi semua pihak, mulai dari regulator seperti Kemenko PMK, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan; pemerintah daerah; TNI dan Polri; hingga mitra kerja asosiasi penyeberangan. Kolaborasi ini memastikan pengguna jasa mendapatkan layanan prima sepanjang masa liburan natal-tahun baru,” kata Heru dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (7/1/2024).
Ia menyatakan penyeberangan selama masa Natal-Tahun Baru 2024/2025 meski menghadapi penurunan jumlah penumpang, tetap berjalan lancar.
Berdasarkan data dari Posko Pusat Angkutan Natal-Tahun Baru yang ditutup hari ini oleh Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi melayani penyeberangan 2.799.867 penumpang (periode H-7 sd H+11). Angka itu turun 8,47 persen dibandingkan periode tahun lalu.
Meski demikian, ASDP memastikan pelayanan tetap berjalan lancar, aman, dan nyaman, terlebih adanya kolaborasi lintas sektor.
“Kelancaran penyeberangan itu, karena seluruh pengguna jasa telah mempersiapkan perjalanan dengan matang selama periode Natal-Tahun Baru 2024/2025,” ucapnya.
Tingginya tingkat kepatuhan pengguna jasa dalam melakukan reservasi tiket sejak jauh hari melalui aplikasi atau website Ferizy, serta pembelian tiket paling lambat H-1 keberangkatan, telah berkontribusi besar terhadap kelancaran arus penyeberangan.
“Kami juga memuji kedisiplinan pengguna jasa yang tiba di pelabuhan sesuai jadwal pada tiket, sehingga layanan berjalan lebih tertib, cepat, dan nyaman,” ucapnya lagi.
Ia menyebutkan, langkah ini tidak hanya membantu mengurangi antrean di pelabuhan, tetapi juga meningkatkan kenyamanan dan kepastian layanan bagi seluruh penumpang.
Dengan dukungan penuh dari pengguna jasa dan kolaborasi lintas sektor, ASDP berkomitmen untuk terus memberikan layanan prima, memperkuat konektivitas antarpulau, serta menjaga keselamatan dan kenyamanan dalam setiap perjalanan.
Pada lintasan utama, seperti Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, ASDP berhasil mengelola arus berangkat dan balik sesuai prediksi. Di lintasan Merak-Bakauheni, tercatat 715.280 penumpang (turun 8 persen) dan 172.350 kendaraan (turun 4 persen), dengan puncak arus berangkat Natal pada 21 Desember 2024 dan arus balik pada 4 Januari 2025. Di lintasan Ketapang-Gilimanuk, tercatat 483.304 penumpang (turun 7 persen) dan 122.371 kendaraan (turun 7 persen), dengan tingkat kepatuhan jadwal pengguna jasa mencapai 83 persen.
Selama layanan Posko Natal-Tahun Baru, ASDP juga mengintensifkan koordinasi dengan BMKG, Basarnas, Polairud, dan TNI AL untuk memastikan keselamatan operasional. Personel SAR dan armada patroli dikerahkan di titik strategis, termasuk bersiaga di Pelabuhan Merak dan Ketapang untuk mendukung kondisi darurat. Di sisi internal, ASDP melakukan sertifikasi kelaiklautan kapal, ramp check, dan penyediaan fasilitas keselamatan sesuai standar, disertai latihan simulasi keadaan darurat. (VZ)